INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TARBIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KOTA PONTIANAK
MICRO TEACHING
P P L
I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Dosen Pengampu :
Ana Rosilawati, M. Ag
Di Susun Oleh :
Nama : Muhammad Taufiq
Nim : 1111111171
Semester / Kelas : Genap / VI D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam ( PAI )
Kelas / Semester : IV ( Enam ) / I ( Ganjil )
Tema : Shalat
Sub Tema : Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
Pertemuan ke : 5 (
kelima )
Alokasi Waktu : 20 Menit ( Dua Puluh
Menit )
II. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadannya.
3. Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam
bentuk kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/ teori.
III.
Kompetensi Dasar :
3.1. Menyebutkan Rukun Shalat.
IV.
Indikator :
3.1.1. Siswa mampu menyebutkan Rukun Shalat
V.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui strateri Everyone Is
a Teacher Here siswa mampu menyebutkan rukun shalat dengan benar
VI. Materi
Pembelajaran
1.
Rukun Shalat
Rukun Shalat adalah segala sesuatu yang harus dikerjakan
dalam melaksanakan shalat. Jika salah satu rukun tersebut ditinggalkan, maka
shalatnya dianggap tidak sah atau batal. Rukun shalat terdiri dari beberapa
gerakan dan bacaan shalat, jumlahnya ada 13, yaitu :
1.
Niat
Niat dilaksanakan
bersamaan dengan pekerjaan pertama dalam shalat, yaitu takbirat al-ihram.
Sedangkan melafadzkan niat dengan lisan adalah disunahkan demi membantu
kehadiran niat di dalam hati.
2.
Berdiri bagi yang mampu.
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw : “Shalatlah dalam keadaan berdiri. Jika tidak mampu, kerjakanlah
dalam keadaan duduk. Jika tidak mampu lagi, maka kerjakanlah dengan tidur
menyamping.”
3.
Takbiratul Ihram dengan membaca Allahu Akhbar.
Dinamakan takbirat al-ihram, sebab dengan memulai takbir maka secara
otomatis segenap sesuatu yang halal sebelum shalat, seperti makan dan
berkata-kata, telah diharamkan setelah memasuki takbir shalat tersebut.
Al-ihram adalah pengharaman sesuatu yang halal disebabkan sedang mengerjakan
shalat.
4.
Membaca Surah Al-Fatihah
Kewajiban membaca al-fatihah dalam shalat
sebagaiman telah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari
dan Muslim, menyatakan bahwa Nabi berkata “Tidak ada shalat (tidak sah) bagi
seseorang yang tidak membaca surah al-fatihah”.
5.
Ruku’ dengan tuma’ninah.
Menunduk kira-kira dua telapak tangannya sampai
kelutut dan yang sempurna yaitu betul-betul menunduk sampai datar/lurus antara
tulang punggung dengan lehernya serta meletakan dua telapak tangan kelutut.
6.
I’tidal dengan tuma’ninah
I’tidal adalah kembali
berdiri dari ruku’. Disunahkan pada waktu i’tidah tepat pada saat mengangkat
pundak untuk berdiri dari ruku’ membaca doa “sami’alLahu li-man hamidah” (Allah
maha mendengar hamba yang telah memujiNya).
7.
Sujud dua kali dengan tuma’ninah
Disunahkan pada waktu sujud dengan membaca doa
“Subhana rabbiyal-a’la wa bi-hamdihi”.
8.
Duduk diantara dua sujud dengan Tuma’ninah.
Duduk sejenak diantara dua sujud sesuai dengan
hadist Nabi Muhammad Saw “Kemudian sujudlah dan
thuma’ninalah ketika sujud. Lalu bangkitlah dari sujud dan thuma’ninalah ketika
duduk. Kemudian sujudlah kembali dan thuma’ninalah ketika sujud.”
9.
Duduk tasyahud akhir dengan tuma’ninah.
Sesuai sabda Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam, "Jika seseorang dari kalian duduk dalam
shalat maka hendaklah ia mengucapkan At-Tahiyyat." (Muttafaqun 'alaih)
10.
Membaca tasyahud akhir
11.
Membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw pada tasyahud
akhir.
12.
Membaca Salam/Mengucapkan salam
13.
Tertib atau berurutan.
VII.Pendekatan, Strategi Dan
Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan :
Scientific
b.
Strategi : Every
One Of a Teacher Here
c.
Metode : Ceramah, diskusi kelompok dan Tanya
Jawab
VIII. Media, Alat
dan Sumber Belajar
a.
Media :
Power Point
b.
Alat :
Laptop, LCD Proyektor, Ketas HPS.
c.
Sumber :
a. Kumpulan
Hadits.
b.
Buku Paket Pendidikan Agama Islam Kelas IV
c. HR. Bukhari no.793, Maktabah Syamilah No.715
dan HR. Muslim
no.397, Maktabah
Syamilah No.602.
d. Drs. Moh. Rifa’i. Tuntunan
Shalat Lengkap. 2006. Semarang : PT. Toha Karya Putra.
e. Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani.2000.
Bulughul Maram. Jakarta : Pustaka Amani
IX. Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Orientasi
Guru mengucapkan
salam, meminta siswa berdo’a sebelum
pembelajaran, dan guru mengabsen
kehadiran siswa. Guru memberitahukan materi yang dipelajari hari ini.
2.
Apersepsi dan Pre Tes
Guru melakukan tanya
jawab bersama siswa berkaitan dengan materi yang sudah di pelajari, (masih ingat materi
kita 1 minggu yang lalu ? apa yang dimaksud dimaksud dengan wudhu’ ? ) untuk selanjutnya
mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Tujuan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.
Motivasi
Guru mengajak siswa
agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran, yaitu Pentingnya
mempelajari materi Rukun Shalat bagi siswa dalam kehidupan.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a. Siswa menyimak penjelasan guru tentang
rukun
shalat.
b. Guru menjelaskan materi
rukun
shalat, sambil mengajak siswa mengingat kembali penjelasan guru.
2.
Menanya
a. Guru
membagi siswa dalam 3 Kelompok
b. Guru meminta setiap kelompok untuk menuliskan sebuah pertanyaan dalam hand out, tentang
materi pelajaran rukun shalat baik
dari penjelasan guru maupun dari diskusi kelompok siswa.
3.
Eksplorasi
a. Guru
meminta setiap kelompok untuk mengumpulkan kartu, kemudian mengocok dan membagikan
satu persatu kartu kepada setiap kelompok.
b. Guru
meminta setiap kelompok untuk membaca pertanyaan dan mendiskusikan jawaban
dari pertanyaan atau topik pada kartu.
4.
Asosiasi
a.
Guru mempersilahkan
kelompok yang lain untuk melengkapi
jawaban yang ada.
5.
Komunikasi
a. Guru mempersilahkan
salah satu perwakilan dari masing-masing kelompok, untuk membaca dengan keras, kertas (pertanyaan) yang mereka
dapat dan mencoba memberikan respon
(jawaban) hasil diskusi mereka.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Kesimpulan
Guru dan
siswa secara bersama sama
menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari, Sambil memberi kesempatan pada
siswa untuk mengecek catatan
masing-masing.
2. Evaluasi / Pos Tes
Guru Melakukan evalusi
/ Pos Tes untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran / ketecapaian
Tujuan Pembelajaran.
3.
Refleksi / Umpan Balik
Guru memberikan
keterangan kepada siswa tentang capaian
hasil pembelajaran setelah dilakukannya evaluasi (Pos Tes) dan
memberikan penjelasan hal-hal apa saja
yang masih belum tuntas dipahami siswa dari materi yang disampaikan.
4. Tindak
Lanjut
a. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah yang berkaitan dengan
materi yang belum tuntas dipahami siswa, atau guru memberikan tugas pekerjaan rumah yang sifatnya untuk memperkuat pemahaman
siswa pada materi yang telah dipahami.
Guru menyampaiakan Informasi untuk Kegiatan Selanjutnya / pertemuan
berikutnya seraya memberikan motivasi
pada siswa giat belajar.
5.
Motivasi Akhir
Guru memberikan motivasi akhir,
dengan mengajak siswa untuk menerapkan perilaku shalat dengan benar dengan memahami
rukun shalat dalam kehidupan.
6.
Penutup
Guru menutup pelajaran
dengan mengajak siswa untuk berdoa dan mengakhirinya dengan salam
|
10 menit
|
X.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Penilaian Proses I
No
|
Aspek
|
Teknik penilaian
|
Waktu penilaian
|
Instrument penilaian
|
1
|
Disiplin
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar pengamatan
|
2
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
3
|
Saling
menghormati perbedaaan pendapat
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Sikap
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : IV / Ganjil ( I )
Tahun Ajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Jam Pelajaran Hari Kamis, Tgl
20 Febuari 2014
Sikap
yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah disiplin, tanggung jawab,
kerjasama, dan saling menghormati perbedaan pendapat.
Indikator perkembangan sikap
perilaku disiplin, tanggung jawab,
kerjasama, dan saling menghormati perbedaan pendapat.
1. BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan
sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang)
jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
XI.
Penilaian
(Evaluasi )
Tujuan
|
Jenis penilaian
|
Bentuk penilain
|
Instrument
|
1.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
menyebutkan Rukun
Shalat dengan benar.
|
Tes lisan
|
Tes uraian
|
1.
Ada berapakah Rukun-rukun yang harus ada dalam Shalat ?
|
Soal
no 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menyebutkan jumlah rukun shalat
|
|
Jawaban sempurana
|
5
|
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
Skor maksimal
|
5
|
KUNCI JAWABAN
|
Skor
|
1.
Rukun Shalat ada 13
rukun
|
5
|
Jumlah Skor
|
5
|
Ø Keterangan :
Cara
perhitungan: skor yang diperoleh : skor maksimal x 10
XII.
Penilaian Proses II
Penilaian Observasi
NO
|
Aspek
|
KRITERIA/BOBOT
|
|||
BT
|
MT
|
MK
|
MB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Keterangan :
4 = sangat baik 3
= baik
2 = sedang 1
= kurang baik
Keterangan :
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
MK : Membudaya
XIII.
Lembar Pengamatan Proses Diskusi
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Pengamatan
|
Jmlh Skor
|
Nilai
|
ket
|
|||
|
|
Kerja Sama
|
Mengkomunikasikan Pendapat
|
Toleransi
|
Menghargai Pendapat Teman
|
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kreteria :
1. Kurang NILAI
=
X 100 %
2. Cukup
3. Baik
4. Baik Sekali
Kriteria Nilai :
A = 80 - 100
Baik Sekali
B = 70 -
79 Baik
C = 60 - 69
Cukup
D < 60 Kurang
Mengetahui,
Kepala Sekolah
H. ATOILLAH, S. HI
NIP.
12345 5 6789778899
|
|
Pontianak, 20 Februari 2014
Guru Mata Pelajaran
MUHAMMAD TAUFIQ
NIM. 1111111171
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar