RPP Pendidikan Agama Islam Kelas VI - I






INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TARBIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KOTA PONTIANAK

MICRO TEACHING

P P L   I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 
Dosen Pengampu :
Ana Rosilawati, M. Ag





Di Susun Oleh :
Nama : Muhammad Taufiq
Nim        : 1111111171
Semester / Kelas : Genap / VI D




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.    Identitas
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam ( PAI )
Kelas / Semester          : IV ( Enam ) / I ( Ganjil ) 
Tema                           : Shalat
Sub Tema                    : Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
Pertemuan  ke             :  5 ( kelima )
Alokasi Waktu            : 20 Menit ( Dua Puluh Menit )
II.  Kompetensi Inti
1.           Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadannya.
3.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.    Mengolah, menyaji dan menalar dalam bentuk kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

III.   Kompetensi Dasar :
             3.1. Menyebutkan Rukun Shalat.
IV.    Indikator            :
3.1.1. Siswa mampu menyebutkan Rukun Shalat
V.       Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui strateri Everyone Is a Teacher Here siswa mampu menyebutkan rukun shalat dengan benar
VI.    Materi Pembelajaran
1.      Rukun Shalat
   Rukun Shalat adalah segala sesuatu yang harus dikerjakan dalam melaksanakan shalat. Jika salah satu rukun tersebut ditinggalkan, maka shalatnya dianggap tidak sah atau batal. Rukun shalat terdiri dari beberapa gerakan dan bacaan shalat, jumlahnya ada 13, yaitu :
1.        Niat
Niat dilaksanakan bersamaan dengan pekerjaan pertama dalam shalat, yaitu takbirat al-ihram. Sedangkan melafadzkan niat dengan lisan adalah disunahkan demi membantu kehadiran niat di dalam hati.
2.        Berdiri bagi yang mampu.
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw : Shalatlah dalam keadaan berdiri. Jika tidak mampu, kerjakanlah dalam keadaan duduk. Jika tidak mampu lagi, maka kerjakanlah dengan tidur menyamping.
3.        Takbiratul Ihram dengan membaca Allahu Akhbar.
Dinamakan takbirat al-ihram, sebab dengan memulai takbir maka secara otomatis segenap sesuatu yang halal sebelum shalat, seperti makan dan berkata-kata, telah diharamkan setelah memasuki takbir shalat tersebut. Al-ihram adalah pengharaman sesuatu yang halal disebabkan sedang mengerjakan shalat.
4.        Membaca Surah Al-Fatihah
Kewajiban membaca al-fatihah dalam shalat sebagaiman telah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, menyatakan bahwa Nabi berkata “Tidak ada shalat (tidak sah) bagi seseorang yang tidak membaca surah al-fatihah”.
5.        Ruku’ dengan tuma’ninah.
Menunduk kira-kira dua telapak tangannya sampai kelutut dan yang sempurna yaitu betul-betul menunduk sampai datar/lurus antara tulang punggung dengan lehernya serta meletakan dua telapak tangan kelutut.
6.        I’tidal dengan tuma’ninah
I’tidal adalah kembali berdiri dari ruku’. Disunahkan pada waktu i’tidah tepat pada saat mengangkat pundak untuk berdiri dari ruku’ membaca doa “sami’alLahu li-man hamidah” (Allah maha mendengar hamba yang telah memujiNya).
7.        Sujud dua kali dengan tuma’ninah
Disunahkan pada waktu sujud dengan membaca doa “Subhana rabbiyal-a’la wa bi-hamdihi”.
8.        Duduk diantara dua sujud dengan Tuma’ninah.
Duduk sejenak diantara dua sujud sesuai dengan hadist Nabi Muhammad Saw Kemudian sujudlah dan thuma’ninalah ketika sujud. Lalu bangkitlah dari sujud dan thuma’ninalah ketika duduk. Kemudian sujudlah kembali dan thuma’ninalah ketika sujud.
9.        Duduk tasyahud akhir dengan tuma’ninah.
Sesuai sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Jika seseorang dari kalian duduk dalam shalat maka hendaklah ia mengucapkan At-Tahiyyat." (Muttafaqun 'alaih)
10.    Membaca tasyahud akhir
11.    Membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw pada tasyahud akhir.
12.    Membaca Salam/Mengucapkan salam
13.    Tertib atau berurutan.
VII.Pendekatan, Strategi Dan Metode Pembelajaran
a.    Pendekatan      : Scientific
b.    Strategi            : Every One Of a Teacher Here
c.    Metode            : Ceramah, diskusi kelompok dan Tanya Jawab
VIII.  Media, Alat dan Sumber Belajar
a.    Media              :  Power Point
b.    Alat                 : Laptop, LCD Proyektor, Ketas HPS.
c.    Sumber            : a. Kumpulan Hadits.
b.   Buku Paket Pendidikan Agama Islam Kelas IV
c.    HR. Bukhari no.793, Maktabah Syamilah No.715 dan HR. Muslim no.397, Maktabah Syamilah No.602.
d.   Drs. Moh. Rifa’i. Tuntunan Shalat Lengkap. 2006. Semarang : PT. Toha Karya Putra.
e.    Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani.2000. Bulughul Maram. Jakarta : Pustaka Amani

IX.   Kegiatan pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Orientasi
Guru mengucapkan salam, meminta  siswa berdo’a sebelum pembelajaran, dan  guru mengabsen kehadiran siswa. Guru memberitahukan materi yang dipelajari hari ini.
2.      Apersepsi dan Pre Tes
Guru melakukan tanya jawab bersama siswa berkaitan dengan materi yang sudah di pelajari, (masih ingat materi kita 1 minggu yang lalu ? apa yang dimaksud dimaksud dengan wudhu’ ? ) untuk selanjutnya mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.      Tujuan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Motivasi
Guru mengajak siswa agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran, yaitu Pentingnya mempelajari materi Rukun Shalat bagi siswa dalam kehidupan.
10 menit
Inti
1.      Mengamati
a.  Siswa menyimak penjelasan guru tentang rukun shalat.
b. Guru menjelaskan materi rukun shalat, sambil mengajak siswa mengingat kembali penjelasan guru.
2.      Menanya
a.    Guru membagi siswa dalam 3 Kelompok
b.    Guru meminta setiap kelompok untuk menuliskan sebuah pertanyaan dalam hand out, tentang materi pelajaran rukun shalat baik dari penjelasan guru maupun dari diskusi kelompok siswa.
3.      Eksplorasi
a. Guru meminta setiap kelompok untuk mengumpulkan kartu, kemudian mengocok dan membagikan satu persatu kartu kepada setiap kelompok.
b.    Guru meminta setiap kelompok untuk membaca pertanyaan dan mendiskusikan jawaban dari pertanyaan atau topik pada kartu.
4.      Asosiasi
a.    Guru mempersilahkan kelompok yang lain untuk melengkapi   jawaban yang  ada.

5.      Komunikasi
a.    Guru mempersilahkan salah satu perwakilan dari masing-masing kelompok, untuk  membaca dengan keras, kertas (pertanyaan) yang mereka dapat dan mencoba memberikan  respon (jawaban) hasil diskusi mereka.
50 menit
Penutup
1.         Kesimpulan
Guru  dan  siswa  secara bersama sama menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari, Sambil memberi kesempatan pada siswa untuk mengecek  catatan masing-masing.
2.      Evaluasi / Pos Tes
Guru Melakukan evalusi / Pos Tes untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran / ketecapaian Tujuan Pembelajaran.
3.          Refleksi / Umpan Balik
Guru memberikan keterangan kepada siswa tentang capaian  hasil pembelajaran setelah dilakukannya evaluasi (Pos Tes) dan memberikan penjelasan  hal-hal apa saja yang masih belum tuntas dipahami siswa  dari materi yang disampaikan.
4.       Tindak Lanjut
a.  Guru memberikan tugas  pekerjaan rumah yang berkaitan dengan materi yang belum tuntas dipahami siswa, atau guru memberikan tugas  pekerjaan rumah  yang sifatnya untuk memperkuat pemahaman siswa  pada materi yang telah dipahami. Guru menyampaiakan  Informasi  untuk Kegiatan Selanjutnya / pertemuan berikutnya seraya memberikan  motivasi pada siswa giat belajar.
5.          Motivasi Akhir
Guru memberikan motivasi akhir, dengan mengajak siswa untuk menerapkan perilaku shalat dengan benar dengan memahami rukun shalat  dalam kehidupan.
6.       Penutup
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa dan mengakhirinya dengan salam
10 menit

X.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.    Penilaian Proses I
No
Aspek
Teknik penilaian
Waktu penilaian
Instrument penilaian
1
Disiplin
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan
2
Tanggung jawab



3
Saling menghormati perbedaaan pendapat





Lembar Pengamatan Sikap
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : IV / Ganjil ( I )
Tahun Ajaran              : 2013/2014
Waktu Pengamatan     : Jam Pelajaran Hari Kamis, Tgl  20 Febuari 2014
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan saling menghormati perbedaan pendapat.
Indikator perkembangan sikap perilaku  disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan saling menghormati perbedaan pendapat.

1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.    MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

XI.        Penilaian   (Evaluasi )
Tujuan
Jenis penilaian
Bentuk penilain
Instrument
1.     Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan Rukun Shalat dengan benar.
Tes lisan

Tes uraian


1.    Ada berapakah Rukun-rukun yang harus ada dalam Shalat ?
Soal no 1
Aspek
Skor
Siswa menyebutkan jumlah rukun shalat
Jawaban sempurana
5
Jawaban kurang sempurna
3
Jawaban tidak sempurna
1
Skor maksimal
5

KUNCI JAWABAN
Skor
1.       Rukun Shalat ada 13 rukun
5
Jumlah Skor
5


Ø  Keterangan :
*      Cara perhitungan: skor yang diperoleh : skor maksimal x 10

XII.            Penilaian Proses II
Penilaian Observasi
NO
Aspek
KRITERIA/BOBOT
BT
MT
MK
MB
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan





Keterangan :
4 = sangat baik                                    3 = baik
2 = sedang                                           1 = kurang baik
Keterangan :
BT       : Belum Terlihat
MT      : Mulai Terlihat
MB      : Mulai Berkembang
MK      : Membudaya
XIII.       Lembar Pengamatan Proses Diskusi
NO
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Jmlh Skor
Nilai
ket


Kerja Sama
Mengkomunikasikan Pendapat
Toleransi
Menghargai Pendapat Teman



1.








2.








3.








...








Kreteria :
1.      Kurang                                                            NILAI =   X 100 %
2.      Cukup
3.      Baik
4.      Baik Sekali

Kriteria Nilai :

A = 80  -  100  Baik Sekali
B =  70  -    79  Baik
C =  60 -    69   Cukup
D <  60              Kurang

Mengetahui,
Kepala Sekolah





H. ATOILLAH, S. HI
NIP. 12345 5 6789778899

Pontianak, 20 Februari 2014
Guru Mata Pelajaran





MUHAMMAD TAUFIQ
NIM. 1111111171


Tidak ada komentar:

Posting Komentar