SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI (
STAIN )
KOTA PONTIANAK
L A P O R A N O B S E R V A S I
MEDIA PEMBELAJARAN PAI
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMP
Dosen Pengampu : Drs. H. Rustam, A. M. Pd
Oleh :
Nama
: Muhammad Taufiq
Nim : 1111111171
Semester / Kelas : Ganjil / V D
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah
Berkat Rahmat Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan laporan observasi ini.
Laporan ini di buat dengan tujuan untuk tugas mata kuliah Media Pembelajaran
PAI dengan tema “ Penggunaan Media Pembelajaran di SMP B PHaruniyah Pontianak
”. Dalam penyusunan laporan ini, tidak sedikit hambatan dan rintangan yang
penulis hadapi, namun dengan semangat dan dibantu semua pihak akhirnya
penulisan laporan observasi ini dapat terselesaikan.
Dalam kesempatan ini penulis
berterima kasih kepada Bapak Drs. H. Rustam, A. M. Pd dan Bapak Fahrizandi, S.
Ag, SS, M. Pd Selaku dosen pada Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI, kepada Ifa
Laila S, Ag, SH selaku kepala sekolah SMP BP Haruniyah Pontianak, dan kepada
bapak Syaiful Yasin selaku guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP BP Haruniyah
Pontianak, yang telah membantu mengarahkan dan memberi motivasi kepada penulis,
penulis sangat menyadari bahwa penulisan laporan observasi ini masih jauh dari
kesempurnaan, sehingga kritik dan saran yang membangun semangat sangat penulis
harapkan, agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Semoga laporan observasi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dapat
memberi manfaat bagi pembaca pada umumya.
Pontianak, 30 Oktober2013
Penulis
BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Media sangat berperan penting dalam
proses kegiatan belajar mengajar Guru dan Siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran,
dalam suatu pembelajaran harus memiliki gagasan yang ditujukan dalam desain
instruksional, sebagai titik awal dalam melaksanakan komunikasi dengan peserta
didik.
Oleh karena itu, dalam menyusun
desain belajar mengajar, di samping gagasan guru, perlu di perhatikan adanya
unsur –unsur yang dapat menunjang proses komunikasi serta adanya tujuan dari
komunikasi. Sehingga dalam proses pembelajaran guru yang di bantu dengan
penggunaan media akan mencapai proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan
berkualitas.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan
hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru di tuntut agar mampu
menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah. Guru
sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien, meskipun
sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan
pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang
tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat
media pembelajaran yang akan digunakan apabila media tersebut belum tersedia.
Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang
media pembelajaran.
Media sebagai alat komunikasi guna
lebih mengefektifkan proses pembelajaran, sedangkan fungsi dari penggunaan media
pembelajaran yaitu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses
pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan
pembelajaran di sekolah pada khususnya.
B. Rumusan Masalah
Pada observasi kali ini, penulis
memfokuskan pada penggunaan Media Pembelajaran pada materi PAI di SMP BP Haruniyah
Pontianak Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak.
C. Tujuan
Tujuan diadakannya observasi ini adalah untuk
mengetahui dan mengidentifikasi penggunaan media pembelajaran PAI di SMP BP
Haruniyah Pontianak Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak. Penulis tidak hanya
ingin mengetahui dan mengidentifikasi saja, tetapi penulis juga mencari
permasalahan dan solusi masalah dalam penggunaan media pembelajaran khususunya
pada pelajaran PAI, umumnya pada semua mata pelajaran.
D. Manfaat
Laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis khususnya dan pembaca
pada umumnya, karena:
a.
Memberikan kesempatan kepada penulis
(mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu permasalahan yang
dihadapi oleh guru dalam menggunakan media.
b.
Melatih kita dalam membuat suatu karya
tulis agar terbiasa dan lebih baik.
c.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa
(penulis) untuk lebih mengenal berbagai media pembelajaran yang digunakan guru
dalam materi PAI.
d.
Sebagai pedoman untuk pembelajaran pada
mata kuliah Media Pembelajaran.
e.
Sebagai motivasi untuk melakukan suatu
observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan penggunaan
media pembelajaran.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:
a.
Pembaca dapat mengetahui akan masalah yang
dihadapi seorang guru dalam penggunaan media pembelajaran yang mungkin kita
tidak menyadarinya.
b.
Lebih mendekatkan pembaca khususnya guru
kepada siswanya, dengan memberikan perhatian, pemahaman, kesempatan dan
motivasi bagi mereka.
c.
Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kepedulian
akan masalah yang dihadapi dalam penggunaan suatu media pembelajaran.
E. Metode Penelitian
Dalam melakukan observasi ini, penulis menggunakan berbagai macam teknik,
diantaranya, penilaian dalam kelas, penilaian terhadap guru dan siswa pada
menggunakan alat bantu atau media pembelajaran dalam menyampaikan dan menerima
materi pembelajaran.
F. Waktu
dan Tempat
Penulis melakukan observasi langsung dalam kelas pada Sekolah Menengah SMP BP
Haruniyah Pontianak Kecamatan Pontianak Timur Kota Pontianak, yakni pada Sabtu, 19 Oktober
2013 jam 07.00 – 08.20 WIB.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Hasil Observasi
A. Identitas
Judul Observasi :
Penggunaan Media Pembelajaran
Tempat Observasi :
SMP BP Haruniyah Pontianak
Alamat :
Jl. Tanjung Raya I
Hari / Tanggal Observasi :
Sabtu, 19 Oktober 2013
Narasumber / Guru : Bp.
Syaiful Yasin
Kelas / Mata Pelajaran :
VIII A / Aqidah Akhlak
Media yang
digunakan : Papan Tulis
B. Guru Membuka Pembelajaran ( kegiatan
awal)
1.
Ketika guru memasuki Kelas siswa duduk dengan rapi ditempat duduknya masing-masing.
2.
Ketika guru memasuki
kelas guru memberikan senyuman kepada siswa-siswinya lalu mengucapkan salam dan “selamat
pagi anak-anak bapak”.
3.
Kemudian guru dan
siswa memulai pembelajaran dengan pembacaan do’a yang di pimpin oleh ketua kelasnya.
4.
Guru
mengabsen siswa satu persatu dan mengisi
jurnal kelas.
5.
Guru menyiapkan alat tulis pembelajaran seperti kapur, pengahapus,
dan buku pegangan guru
(buku paket).
6.
Kemudian guru melakukan appersepsi atau review ulang
materi yang telah lalu.
C. Guru Menyampaikan Pembelajaran (kegiatan inti )
1.
Guru menginformasikan
materi pelajaran yang akan dipelajari
2.
Guru menggunakan
media papan tulis dalam menyampaikan materi pembelajaran.
3.
Guru menulis
tanggal pada sisi kiri papan tulis dan menulis basmalah ditengah atas papan
tulis.
4.
Guru menulis
Materi yang akan dipelajari, kemudian guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran
yang akan dicapai.
5.
Sebelum guru menjelaskan materi melalui media papan
tulis guru menulis dan melakukan tanya jawab tentang materi yang akan
dipelajari guna untuk mengetahui kemampuan siswa dalam materi yang akan
dipelajari.
6.
Melalui media papan tulis guru menulis dan menjelaskan
materi, kemudian siswa mencatat penjelasan guru tentang materi terkait.
7.
Melalui
media papan tulis siswa mampu memahami penjelasan guru
pada materi terkait.
8.
Melalui
penjelasan guru, siswa mampu
bertanya dan menjelaskan materi yang telah diajarkan guru.
9.
Melalui media papan tulis guru melakukan tanya jawab
kepada siswa tentang materi terkait.
D. Interaksi Guru - Siswa
1.
Siswa sangat
aktif pada saat guru bertanya tentang
materi yang telah dijelaskan.
2.
Interaksi guru, dan siswa
banyak terjadi karena rata-rata siswa banyak menguasai materi yang diajarkan.
3.
Guru begitu mudah menjelaskan materi kepada siswa
karena penggunaan metode dan media sesuai dengan materi.
E. Interaksi
Siswa-guru
1.
Interaksi
siswa dan guru begitu dekat dan akrab sehingga timbul keingintahuan siswa tentang materi yang dipelajarai dan guru terbuka memberikan penjelasan kepada muridnya.
2.
Partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat
terlihat seperti siswa bergantian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dengan
cara menunjuk tangan.
3.
Dengan demikian
siswa didalam kelas sangat merespon apa yang disampaikan guru sehingga guru
sangat mudah dalam mengajar .
4.
Tidak ada
siswa yang takut, segan dan malu-malu dalam
bertanya.
5.
Respon
murid-murid dengan tanya jawab yang telah diberikan guru sangat bagus sehingga siswa aktif
dalam proses pembelajaran.
6.
Siswa yang
tidak mengerti tentang materi yang diajarkan, siswa tidak malu-malu ataupun takut untuk menanyakan kepada guru .
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam pembelajaran guru menggunakan media atau alat pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami tentang materi. Dengan
diadakan observasi ini, kami banyak mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang
bagaimana cara pelaksanaan pembelajaran yang ada disekolah tersebut yang
berguna bagi kami sebagai calon guru nantinya dan sangat berguana pula untuk
pengalaman kami mengajar nanti. Kami sebagai observator bisa belajar dari guru-guru
yang ada disekolah tersebut. Dalam pembelajaranya banyak pengembangan materi
yang sesuai dengan RPP yang telah disusun oleh guru-guru terkait.
Dari hasil
Observasi Media pembelajaran di SMP BP Haruniyah Pontianak adalah masih kurang tersedianya
media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran, adapun media yang
tersedia hanya media papan tulis saja. Begitu juga alat peraga yang digunakan
masih belum ada.
Kritik dan
Saran
1. Kurangnya
kreatif guru dalam menggunakan sebuah media pembelajaran.
2. Walaupun
media yang ada sangat terbatas namun guru bisa menggunakan media yang sederhana
dan mudah didapat, seperti Media Chart, sketsa dan lain sebagainya yang bisa
mendukung ataupun membantu pemahaman siswa terhadap suatu materi yang
diajarkan.
3. Ketidak lengkapan
media pembelajaran ini kemungkinan besar dapat mempersulit siswa dalam mengerti
dan memahami materi yang diajarkan guru.
D O K U M E N T A S I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar